Senin, 15 Oktober 2012

SAP HIV AIDS


SATUAN ACARA PENYULUHAN
Pokok bahasan            :    Pencegahan HIV/AIDS dengan setia pada satu pasangan dan menggunakan kondom saat berhubungan
Sasaran                       :    Pasangan suami istri usia produktif
Hari/tanggal                :    Sabtu, 14 november 2009
Waktu                         :    Pukul 08.00 WIB
Tempat                        :    Balai Desa Gondanglegi               
Penyuluh                     :    Mahasiswa Prodi Kebidanan Malang semester III
Tujuan umum              :    Seluruh masyarakat, terutama pasangan suami istri usia produktif, di desa Gondanglegi memahami masalah tentang HIV/AIDS dan cara mencegah penularannya
Tujuan khusus             :             
·      Masyarakat mengerti tentang pengertian HIV/AIDS.
·      Masyarakat mengetahui jumlah penderita HIV/AIDS yang ada di kota Malang.
·      Masyarakat mengerti tentang gejala klinis HIV/AIDS.
·      Masyarakat memahami dampak dari penularan HIV/AIDS.
·      Masyarakat mengetahui komplikasi yang bisa terjadi pada penderita akibat terinfeksi HIV/AIDS.
·      Masyarakat memahami cara mencegah penularan HIV/AIDS dengan cara setia pada satu pasangan dan menggunakan kondom saat berhubungan.
Strategi pelaksanaan   :
1.    Metode
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
2.    Media
§  Leaflet
§  Flipchart
§  Alat peraga (kondom)
3.    Garis besar materi (penjelasan terlampir)
§  Pengertian HIV/AIDS
§  Perkiraan jumlah penderita HIV/AIDS di kota Malang
§  Gejala klinis HIV/AIDS
§  Dampak dari penularan HIV/AIDS
§  Komplikasi yang bisa terjadi pada penderita akibat terinfeksi HIV/AIDS
§  Cara mencegah penularan HIV/AIDS

No
Kegiatan
Kegiatan Penyuluhan
Peserta
1









Pendahuluan









·         Salam pembuka
·         Memperkenalkan diri kepada peserta penyuluhan
·         Menyampaikan tujuan penyuluhan
·         Mengkaji pengetahuan peserta tentang HIV/AIDS
·         Menyebutkan materi penyuluhan

·         Menjawab salam
·         Mendengarkan dan memperhatikan
·         Memperhatikan

·         Mendengarkan dan menjawab pertanyaan
·         Mendengarkan poin-poin yang disebutkan
·          






2








Kerja








Penyampaian tentang HIV/AIDS lebih detail kepada pasutri usia produktif
*      Penyampaian garis besar materi HIV/AIDS
*      Memberi kesempatan peserta untuk bertanya
*      Menjawab pertanyaan
*      Evaluasi
*       


*      Mendengarkan dengan penuh perhatian
*      Menanyakan hal-hal yang belum jelas
*      Memperhatikan jawaban dari penceramah
*      Menjawab pertanyaan
*       
3

Penutup


*      Menyimpulkan
*      Salam penutup

*      Mendengarkan
*      Menjawab salam
PERENCANAAN PENYULUHAN

A.      Latar Belakang
Kita semua mungkin sudah banyak mendengar cerita-cerita yang menyeramkan mengenai HIV/AIDS. Penyebaran AIDS berlangsung secara cepat dan mungkin sekarang sudah ada di sekitar kita. Sampai sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan AIDS, bahkan saat ini pun belum bisa dicegah dengan vaksin. Virus AIDS ditemukan dalam cairan tubuh manusia, dan paling banyak ditemukan pada darah, cairan sperma dan cairan vagina. Pada cairan tubuh lain juga bisa ditemukan (seperti misalnya cairan ASI) tetapi jumlahnya sangat sedikit. (http://vanz-harepan.blogspot.com/)
Langkah pengendalian untuk mencegah HIV/AIDS sudah dilakukan. Namun proses pengendaliannya  masih menghadapi beberapa kendala, misalnya adanya polemik dalam pemakaian dan penyebaran kondom. Kemudian, penerapan kewaspadaan umum pada layanan kesehatan belum optimal, serta efektivitas dan wajib tes HIV pada masih menjadi perdebatan. Adanya  stigma dan diskriminasi yang ada pada masyarakat umum dan tenaga kesehatan terhadap penderita juga menjadi kendala. Apalagi belum semua tempat layanan kesehatan siap melayani HIV/AIDS. Itu semua menjadi kendala dalam pengendalian dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS. (http://jurnalkomunitas.multiply.com/)
Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi, HIV/AIDS, dan keterampilan untuk hidup sehat merupakan salah satu hal yang dipandang sangat relevan bagi peningkatan kesehatan dan kualitas kesejahteraan masyarakat. Dengan cara mengajak atau melibatkan masyarakat memecahkan persoalan kesehatan reproduksi, terutama penyakit yang dikenal dengan nama HIV/AIDS, mereka dapat menemukan dampak yang ditimbulkan dari HIV/AIDS, gejala-gejala HIV/AIDS, cara pencegahan HIV/AIDS, dan lain sebagainya. (http://www.technologyindonesia.com/)
Di Indonesia ada anggapan bahwa penularan tidak akan secepat di negara-negara lain karena dianggap perilaku penduduknya tidak berisiko. Anggapan semacam ini justru berbahaya, karena akan menimbulkan rasa aman yang semu pada masyarakat. Berdasarkan data statistik, peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS di Indonesia begitu cepat. Sejumlah 75-85% penularan terjadi melalui hubungan seks (5-10% diantaranya melalui hubungan homoseksual), 5-10% akibat alat suntik yang tercemar (terutama pada pemakai narkotika suntik), 3-5% melalui transfusi darah yang tercemar. Infeksi HIV, kira-kira lebih dari 80% diderita oleh kelompok usia produktif yaitu 14-49 tahun terutama laki-laki, tetapi proporsi penderita wanita cenderung meningkat. Infeksi pada bayi dan anak, 90% terjadi dari ibu yang mengidap HIV. Sekitar 25-35% bayi, yang dilahirkan oleh ibu pengidap HIV, akan menjadi pengidap HIV melalui infeksi yang terjadi selama berada di dalam kandungan, selama proses persalinan, dan melalui pemberian ASI. (http://vanz-harepan.blogspot.com/)
Di Jawa Timur, khususnya di Kota Malang, penderita HIV/AIDS terus meningkat. Estimasi penderita HIV/AIDS di Jawa Timur sekitar 20 ribu, tapi baru 6000 penderita yang berhasil terungkap. Di Kota Malang sendiri ada sekitar 900 orang yang teridap penyakit membahayakan itu, termasuk 24 balita. Masih ada 14 ribu Orang dengan HIV/AIDS (Odha) yang belum berhasil diungkap. (http://adabisnis.com/waduh-penderita-hivaids-kota-malang-mencapai-900-orang/)
Di daerah Gondanglegi, Malang Selatan, terdapat sekitar 350 penderita HIV/AIDS. Yang terdeteksi sekitar 54 penderita ODA karena mau berobat ke puskesmas. Sedang lainnya, mungkin malu periksa di puskesmas sehingga langsung ke RS, seperti RSSA Malang atau RSUD Kanjuruhan. Diperkirakan mereka yang berobat ke RS sekitar 37 orang. (http://www.surya.co.id/)
Walaupun angka-angka resmi kasus HIV positif dan AIDS di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, bukan berarti kita tidak perlu khawatir tentang AIDS karena, seperti dikemukakan oleh Jaringan Epidemiologi Nasional (1993), di negara kita ada beberapa kondisi yang dapat mempermudah penyebaran AIDS, yaitu: industri seks komersial yang luas, prevalensi penyakit kelamin tinggi, pemakaian kondom rendah, proses urbanisasi yang cepat, terjadinya hubungan seks premarital (sebelum menikah), dan ekstra marital (di luar nikah).

B.        Prioritas Masalah
Tingginya angka penularan HIV/AIDS melalui hubungan seks pranikah sehingga perlu dilakukan pencegahan penularannya dengan cara setia pada pasangan dan menggunakan kondom saat berhubungan

C.      Tujuan
Tujuan umum       :    Setelah mendapatkan materi penyuluhan, pasangan suami istri usia produktif dapat memahami HIV/AIDS
Tujuan khusus       :     1.    menjelaskan tentang pengertian HIV/AIDS.
2.    mengetahui jumlah penderita HIV/AIDSV yang ada di kota Malang.
3.    menyebutkan gejala klinis HIV/AIDS.
4.    menyebutkan dampak dari penularan HIV/AIDS.
5.    menjelaskan komplikasi yang bisa terjadi pada penderita akibat terinfeksi HIV/AIDS.
6.    menejelaskan tentang cara mencegah penularan HIV/AIDS

D.      Sasaran
1.        Sasaran : Remaja, orang tua, pasangan suami istri usia produktif
2.        Jumlah : 15 kk
3.         Kemampuan awal: Pernah mendapatkan informasi tentang penyakit HIV/AIDS dan penularannya.
4.        Pendidikan : SD, SMP, dan SMA

E.      Metode Penyuluhan
a.    Ceramah 
b.    Demonstrasi
c.    Tanya jawab

F.      Media
1.    LCD
2.    Leaflet
3.    Alat peraga (teknik memasang kondom), seperti kondom, dll.


0 komentar: